Cara Jitu Memulihkan Diri dari Penyakit Ansietas (Kecemasan Berlebihan)



Pada dasarnya penyebab seseorang itu terkena penyakit Ansietas yaitu karena tertanamnya mindset yang salah di fikiran bawah sadar. Dalam hal ini, orang tersebut pernah mengalami suatu peristiwa yang membuat dia trauma, sehingga terbentuklah pola fikir yang negatif di dalam dirinya. Hal inilah membuat dia sering berfokus terhadap rasa cemasnya.

Jika kita kaji lebih mendalam, trauma ini pemicunya bermacam-macam, ada trauma ini yang pemicunya cuma satu, dan ada juga trauma ini yang pemicunya lebih dari satu. Pertama, kita akan bahas trauma yang pemicunya cuma satu.


Jadi, salah satu pemicu trauma itu adalah karena terlalu mendramatisir suatu kejadian. Sebagai contoh yaitu seseorang yang mendengar tetangganya meninggal karena penyakit tertentu. Pada saat itu, orang tersebut terlalu mendramatisir kejadian itu, sehingga dia jadi takut mengalami hal yang sama dengan tetangganya.

Karena terlalu mendramatisir kejadian, dia jadi mengalami sensasi fisik seperti sesak napas, jantung berdebar sangat kencang, sakit kepala sebelah dan lain-lain. Sensasi fisik seperti ini biasa dikenal dengan psikosomatis. Karena orang tersebut tidak pernah mengalami psikosomatis, dia menjadi semakin panik. Dalam hal ini, dia jadi membayangkan betapa mengerikannya kematian itu, dia mulai berfikiran yang macam-macam.

Kemudian, ada juga trauma ini yang pemicunya lebih dari satu, selain karena terlalu mendramatisir kejadian, trauma ini juga disebabkan karena depresi seperti konflik dengan orang, usaha yang jatuh bangkrut, dipecat dari perusahaan, masalah dalam rumah tangga dan lain-lain.

Kronologinya seperti ini, pertama orang tersebut punya masalah yang cukup berat, lalu dia jadi banyak bermenung karena memikirkan permasalahannya. Kemudian, karena terlalu banyak bermenung, akhirnya orang tersebut menjadi depresi.

Setelah itu, tubuhnya ikut merespon depresi tersebut. Dalam hal ini, dia mengalami psikosmatis seperti sakit kepala sebelah, sesak napas, kambuhnya asam lambung, jantung berdebar sangat kencang dan lain-lain. Karena orang tersebut tidak pernah mengalami psikosomatis, dia menjadi semakin panik.

Dalam hal ini, sensasi fisik yang dia rasakan semakin parah, dan pada akhirnya terjadilah panic attack yang membuat dia sulit mengendalikan rasa cemasnya.

Pada saat Anda membaca judul artikel ini, tentu timbul pertanyaan di fikiran Anda yaitu bagaimana cara jitu memulihkan diri dari ansietas ? Baik, saya akan mengawalinya dengan satu kata yaitu KOMITMEN.

Pada dasarnya komitmen itu memiliki pengaruh yang sangat penting dalam kehidupan. Jika kita tidak hati-hati dalam menentukan apa yang menjadi komitmen kita maka hal itu bisa berdampak sangat buruk terhadap hidup kita. Sekarang, Coba Anda ingat-ingat kembali pada saat Anda pertama kali terkena penyakit Ansietas, apa komitmen Anda pada saat itu ?

Tanpa Anda sadari, pada saat pertama kali terkena Ansietas, Anda telah berkomitmen untuk cemas. Meskipun Dokter sudah mengatakan kondisi Anda baik-baik saja, Anda tetap cemas dengan sensasi fisik yang Anda rasakan.

Meskipun Anda tahu bahwa kematian itu sudah ditentukan oleh Tuhan, Anda tetap mencemaskan kematian. Jadi, sebenarnya bukan kondisi Anda yang membuat Anda itu cemas berlebihan melainkan komitmen Anda lah yang membuat Anda itu cemas berlebihan.

Mungkin bisa saja Anda akan beranggapan seperti ini “Saya tidak pernah berkomitmen untuk cemas, justru saya tidak menginginkan diri saya ini cemas, kondisi saya yang membuat saya itu sulit untuk mengendalikan diri”.

Jadi begini, komitmen Anda untuk cemas itu terbentuk tanpa Anda sadari. Seperti yang saya jelaskan dalam ebook saya yang berjudul tabel perbandingan, bahwa dalam kehidupan ini sering kali orang yang melakukan tindakan yang bertentangan dengan keinginannya. Tindakan ini telah menjadi komitmen yang sangat kuat dalam dirinya.

Cara jitu untuk memulihkan diri dari Ansietas adalah dengan merubah komitmen Anda kepada tindakan positif yang dapat memulihkan Anda dari ansietas. Jadi, untuk sembuh dari gangguan ansietas, Anda perlu melakukan tindakan pemulihan dengan komitmen yang kuat.

Tindakan yang dilandasi dengan komitmen bukanlah tindakan yang dilakukan sekali-kali. Tindakan yang dilandasi komitmen itu adalah tindakan yang dilakukan secara terus menerus tanpa memperdulikan rintangan ataupun hambatan yang dihadapi.

Jika Anda melakukan suatu tindakan tanpa komitmen yang kuat maka nanti hasilnya tidak akan maksimal. Meskipun Anda sudah membaca ratusan buku, mencoba berbagai macam pengobatan dan mempelajari berbagai macam terapi, namun Anda tidak berkomitmen untuk melakukannnya, maka nanti hasilnya tidak akan maksimal.

Tahukah Anda apa yang menyebabkan orang kesulitan untuk menanamkan komitmen yang kuat dalam dirinya?

Pada dasarnya ada dua hal yang membuat orang sulit untuk punya komitmen, yang pertama karena orang itu tidak yakin dengan tindakan yang akan dilakukannya, yang kedua karena orang itu tidak tabah melakukan tindakan tersebut.

Supaya Anda yakin dengan tindakan pemulihan yang Anda lakukan, Anda perlu meningkatkan keyakinan Anda kepada Tuhan, Dalam hal ini, Anda perlu menyadari bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan, Jika Tuhan menghendaki Anda pulih dari Ansietas maka Anda akan pulih.

Selain itu, supaya yakin Anda juga perlu membaca pengalaman-pengalaman orang yang sudah pulih dari ansietas. Di facebook ada banyak grup yang membahas tentang ansietas, disana Anda bisa membaca pengalaman-pengalaman orang yang sudah pulih dari ansietas. Dengan melakukan hal ini, Anda akan beranggapan seperti ini ”kalau dia bisa sembuh, insya Allah aku juga bisa sembuh”

Kemudian, supaya Anda bisa tabah menjalani proses pemulihan, Anda perlu menyadari bahwa tidak ada hal yang bisa dicapai secara instan, apapun yang ingin kita capai dalam hidup ini semuanya membutuhkan proses. Dan, tentunya proses yang kita lalui itu sangat dibutuhkan sekali pengorbanan.

Seorang pengusaha tentunya harus mengeluarkan modal, waktu, tenaga dan pikiran untuk bisa berhasil dalam bisnisnya. Bahkan, tidak jarang pengusaha itu harus mengalami jatuh bangun dulu untuk bisa mencapai kesuksesan.

Kemudian, seorang siswa yang ingin mencapai prestasi tentunya harus gigih dan tabah dalam belajar. Begitu juga halnya dengan penderita ansietas yang ingin pulih dari ansietas. orang itu tentunya harus tabah melewati proses pemulihan.

Untuk tabah melakukan tindakan pemulihan, Anda harus mengaitkan kenikmatan yang akan didapat dan kesengsaraan yang bisa Anda hindari jika Anda melakukan tindakan pemulihan. Seperti yang dikatakan oleh Anthony Robbin bahwa pada dasarnya manusia itu mengejar kenikmatan dan menghindari kesengsaraan.

Jika kita mengaitkan kenikmatan dan kesengsaraan terhadap tindakan yang akan kita lakukan maka kita akan konsisten untuk bertindak. Untuk itu, sekarang ini coba tuliskan kenikmatan apa yang akan Anda dapat jika Anda melakukan tindakan pemulihan, bagaimana pengaruhnya terhadap nuansa jiwa Anda?, bagaimana nantinya kesehatan Anda?, apa pengaruhnya terhadap keuangan Anda?, bagaimana pengaruhnya terhadap hubunngan sosial Anda.

Kemudian, Jika Anda melakukan tindakan pemulihan, kesengsaran apa yang bisa Anda hindari, tuliskan selengkap-lengkapnya, lalu baca setiap hari. Hal ini akan membuat Anda tabah dalam melakukan tindakan pemulihan.

Jika Anda sudah yakin dan tabah menjalani proses pemulihan maka insya Allah Anda akan bisa punya komitmen terhadap tindakan positif yang dapat memulihkan diri Anda dari penyakit Ansietas.

Untuk itu, mulai sekarang coba tanamkan komitmen yang kuat dalam diri Anda, katakan dalam hati seperti ini “Insya Allah aku bisa pulih dari penyakit ansietas, Aku sangat yakin kalau aku bisa sembuh dari penyakit ini, mulai sekarang aku berkomitmen untuk melakukan tindakan positif yang dapat memulihkan diriku dari penyakit ansietas, apapun yang terjadi aku akan tetap melakukan tindakan pemulihan, aku akan tetap tabah menjalani proses pemulihan”

Pada kesempatan kali ini, saya akan jelaskan komitmen yang perlu Anda bangun untuk kesembuhan Anda, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Komitmen untuk bersikap ikhlas dan pasrah

Pada dasarnya apapun jenis kecemasan, sudah pasti itu mencemaskan sesuatu yang sedang terjadi ataupun sesuatu yang akan terjadi, dan biasanya kecemasan tersebut dipicu oleh persepsi yang salah terhadap apa yang sudah terjadi.

Kita perlu menyadari bahwa apapun yang terjadi, apapun yang sudah terjadi, dan apapun yang akan terjadi itu memang harus terjadi dan seizin Tuhan tentunya, bahkan sehelai rambut kita jatuh pun atas kehendakNya. yang bisa kita fikirkan, fikirkanlah. yang bisa kita lakukan, ayo kita lakukan.

Untuk hal-hal yang tidak sanggup kita fikirkan, tidak perlu kita fikirkan. Serahkan saja hal-hal yang tidak sanggup kita fikirkan itu kepada Tuhan. Dalam hal ini, kita perlu menyadari bahwa semua yang terjadi di dunia ini sudah ditakdirkan, Allah itu Maha Mengetahui, Dia lebih tahu apa yang terbaik untuk kita.

Supaya lebih terasa momentumnya, Kita akan coba kaji hal ini lebih mendalam. Jadi, dalam hidup ini ada hal-hal yang tidak bisa kita ubah, dan ada juga hal-hal yang bisa kita ubah. Kita sering mendengar takdir dan nasib. Hal-hal yang tidak bisa kita ubah itu biasa disebut dengan takdir dan hal-hal yang bisa kita ubah disebut dengan nasib.

Hal-hal yang tidak bisa kita ubah itu contohnya kematian. Pada dasarnya kematian itu sudah ditentukan oleh Tuhan, macam mana pun kita mencemaskan kematian, kita tetap tidak bisa lari dari kematian.

Kita tidak pernah tahu berapa umur kita yang tersisa. Jadi, kita tidak perlu memikirkan betapa mengerinya kematian, yang perlu kita fikirkan itu adalah apa bekal yang akan kita bawa setelah kita meninggal.

Pada saat kita merasa cemas terhadap kematian, kita tidak perlu menolak rasa cemas tersebut, terima saja rasa cemas tersebut. Coba jadikan rasa cemas terhadap kematian itu sebagai pendorong Anda untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

Jika selama ini kita kurang beribadah, perbanyak ibadah kita. Jika kita punya kesalahan di masa lalu, perbaiki kesalahan tersebut. Mengenai kematian tidak perlu kita fikirkan, karena itu adalah urusan Tuhan. Untuk itu, kita perlu menerima rasa cemas itu ada dalam diri kita.

Salah satu yang membuat rasa cemas seseorang itu menjadi berlebihan adalah karena orang tersebut tidak menerima rasa cemas itu ada dalam dirinya. Jika kita menolak rasa cemas itu ada dalam diri kita maka hati kita akan semakin cemas.

Sebagai contoh seperti ini, misalnya pada suatu ketika ada orang yang hatinya sedang cemas dengan kematian, dia berusaha menolak rasa cemas itu dan berkata seperti ini “Tadi aku melihat ada orang yang meninggal, tiba-tiba hatiku menjadi cemas, secara spontan aku mengalami sensasi fisik yang sangat menyiksa diriku, aku jadi membayangkan kematian, aku belum siap untuk menghadapi kematian, bagaimana aku akan menghadapi malaikat maut? bagaimana keluarga ku menjalani kehidupan jika aku sudah tidak ada? aku bingung dengan perasaan ku ini, aku tahu bahwa kematian itu sudah ditentukan Tuhan, tapi mengapa hatiku cemas juga dengan kematian, mengapa aku harus cemas? Aku tidak ingin hatiku cemas, aku sulit sekali mengendalikan fikiranku.

Contoh diatas adalah bentuk penolakan terhadap rasa cemas, hal inilah yang membuat orang tersebut menjadi cemas berlebihan, hingga pada akhirnya dia mengalami panic attack, dimana dia merasakan sensasi fisik yang sangat menyiksa dirinya. Jadi, jangan pernah menolak rasa cemas itu, terima saja rasa cemas itu ada dalam diri kita.

Mengapa saya katakan kalau kita perlu menerima rasa cemas itu ada dalam diri kita ? karena rasa cemas itu adalah perasaan alamiah manusia. Perlu kita pahami, pada dasarnya semua perasaan negatif itu penting baik itu perasaan cemas, kesal marah, sedih, malas dan lain-lain.

Sebagai contoh, coba Anda bayangkan jika dalam hati manusia tidak ada perasaan cemas, apakah orang-orang akan hati-hati dalam mengendarai motor ? apakah dunia ini akan aman? Jawabannya sudah tentu tidak. Sedangkan punya perasaan cemas saja, masih ada juga orang yang melakukan tindakan kriminal.

Jadi, mustahil bagi kita untuk menghilangkan perasaan cemas yang ada dalam diri kita, yang perlu kita lakukan adalah mengendalikannya supaya tidak berlebihan. Dengan menerima rasa cemas itu ada dalam diri kita, maka rasa cemas itu menjadi tidak berlebihan, dan nantinya kita akan bisa menyudahi rasa cemas itu.

Cara menerima rasa cemas itu ada dalam diri kita itu contohnya seperti ini, misalnya pada suatu ketika Anda merasa cemas terhadap kematian, pada saat itu coba katakan dalam hati seperti ini “Sekarang ini aku sangat cemas dengan kematian, wajar saja aku cemas, aku kan manusia. Jika aku renungkan, rasa cemas terhadap kematian ini jadi mendorong aku untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Sekarang aku jadi ingin meningkatkan ibadah ku, terima kasih ya Allah. Seandainya aku mati ya Allah, tolong matikan aku dalam keadaan beriman ya Allah, aku ikhlas, aku pasrah”

Dengan berkata seperti ini, rasa cemas kita menjadi tidak berlebihan dan kita bisa menyudahi rasa cemas itu. Dengan begitu, ketenangan akan muncul. Jadi cobalah untuk menerima apa yang sudah menjadi takdir kita dengan perasaan ikhlas.

Kemudian, di satu sisi kita juga perlu memahami, meskipun kehidupan ini sudah ditakdirkan oleh Tuhan, namun kita juga diberikan kekuatan oleh Tuhan untuk mengubah hal-hal tertentu yang terjadi dalam hidup kita.

Hal-hal yang bisa kita ubah itu contohnya rezeki. Seseorang yang terlahir dari keluarga miskin tidak mutlak dia akan tetap miskin seumur hidupnya. Dalam hal ini, Tuhan juga memberikan dia kesempatan untuk merubah nasibnya. Jika kita perhatikan, banyak sekali orang kaya yang berasal dari keluarga miskin. Hal itu terjadi karena Tuhan menunjukkan jalan atas usahanya dalam mengubah nasib.

Dalam Al-qur’an sudah dijelaskan

“…Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar-Ra’ad : 11)

kandungan ayat Al-qur’an diatas adalah bukti bahwa nasib itu bisa diubah. Jika kita ingin nasib kita berubah maka kita perlu berusaha untuk mengubah nasib kita. Pada dasarnya Tuhan tidak akan merubah nasib kita jika kita tidak mau berusaha.

Kemudian, kesehatan juga merupakan hal yang bisa kita capai. Jika saat ini kita mengalami gejala penyakit tertentu, bukan berarti kita akan seterusnya mengalami penyakit tersebut. Dalam islam sudah dijelaskan bahwa semua penyakit ada obatnya, ini merupakan bukti kuat bahwa Tuhan memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk memulihkan penyakit yang dia derita.

Jadi, jangan pernah merasa pesimis untuk sembuh, seringkali penderita ansietas itu merasa pesimis untuk sembuh. Ini hanya soal waktu, jika Anda sudah komitmen untuk melakukan tindakan pemulihan maka insya Allah Anda akan sembuh.

Selain itu, perasaan juga tergolong kepada hal-hal yang bisa kita ubah. Jika belakangan ini Anda sering mengalami cemas berlebihan, bukan berarti seterusnya anda akan mengalami cemas berlebihan. Anda tidak perlu merasa pesimis untuk menjadi pribadi yang mampu mengendalikan perasaan. Karena, pada dasarnya Tuhan juga memberikan kita kemampuan untuk mengendalikan perasaan kita.

Jadi, Jangan pernah batasi diri untuk melakukan hal-hal yang sanggup anda capai. Dan, jangan juga terlalu berharap untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Pada dasarnya hidup itu sederhana, kita aja yang sering membuatnya menjadi rumit.

Dalam hidup ini, kita hanya perlu lakukan yang terbaik, lalu berserah diri kepada Tuhan, fikirkan hal-hal yang sanggup kita fikirkan dan lakukan hal-hal yang sanggup kita lakukan. Jika kita pernah mengalami kegagalan, jangan anggap hal itu sebagai kegagalan, namun anggaplah hal itu sebagai pembelajaran.

Untuk hal-hal tidak sanggup kita fikirkan, tidak perlu kita fikirkan. Serahkan saja hal-hal yang tidak sanggup kita fikirkan itu kepada Tuhan. Coba ikhlaskan hati kita untuk menerima apapun yang terjadi. Jika kita sudah melakukan yang terbaik maka cobalah untuk bersikap pasrah kepada Allah. Sesungguhnya Allah itu Maha Mengetahui, Dia lebih tahu apa yang terbaik untuk kita. Tanamkan semua ini sebagai komitmen yang sangat kuat dalam diri kita.

Jika kita sudah berkomitmen untuk melakukan yang terbaik dan berserah diri kepada Tuhan, Nantinya ada momentum tertentu yang mengantarkan kita pada titik pasrah, dimana kita akan berkata seperti ini dalam hati “Insya Allah aku bisa sembuh dari penyakit Ansietas, aku sangat yakin akan hal itu. Aku akan terus melakukan yang terbaik dan berserah diri kepada Tuhan. Mati ya matilah, sakit ya sakitlah, yang penting aku akan terus melakukan yang terbaik dan mempercayakan hidup ini sepenuhnya kepada Tuhan. Apapun yang terjadi, aku akan tetap bersikap ikhlas dan pasrah. Komitmen ini akan terus aku genggam sampai aku menghembuskan nafasku yang terakhir”

Setelah kita menemukan titik pasrah, maka insya Allah kita akan menemukan ketenangan. Dan, dengan sendirinya kesehatan kita akan ikut membaik.


2. Komitmen untuk melakukan terapi EFT

Pada dasarnya penyakit yang diderita manusia itu disebabkan karena fikiran negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% penyakit yang diderita manusia berasal dari fikiran negatif. Jadi, fikiran yang negatif itu akan menghasilkan emosi yang negatif, kemudian emosi negatif yang berlebihan akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Emosi negatif sangat berperan dalam menimbulkan berbagai penyakit, dan pengaruhnya pada fisik jauh lebih besar dari yang kita kira. Kita semua tahu bahwa jika kita marah, frustasi atau trauma akan tampak secara fisik.

Jika seseorang benar-benar marah, perut mereka akan mengencang, urat nadi akan terlihat menonjol di leher mereka, tekanan darah mereka meningkat. Jika hal itu berlangsung lama tentu saja dapat menimbulkan berbagai penyakit. Jadi, sudah sangat jelas kalau emosi itu berpengaruh pada fisik.

Emotional Freedom Technique (EFT) adalah alat terapi psikologi yang berguna untuk membebaskan emosi negatif dan melancarkan peredaran energi dalam tubuh. EFT ini adalah versi sederhana dari akupunktur, didalam akupunktur diketahui ada beberapa energi yang mengalir di dalam tubuh yang disebut meridian.

Jika energi tidak mengalir dengan baik maka tubuh pun menjadi tidak sehat. EFT ini berguna untuk melancarkan kembali peredaran energi tersebut. Hal ini dilakukan dengan cara mengetuk ringan pada titik-titik energy meridian pada tubuh. Terapi EFT ini diciptakan oleh Gary Craig pada pertengahan 1990-an.

Penyembuhan EFT adalah salah satu pengobatan yang sangat ampuh dan banyak terbukti secara ilmiah, dan lebih menariknya lagi, teknik EFT ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Adapun manfaat dari EFT ini bisa sangat luas, mencakup kebebasan emosi berupa tekanan batin, kemarahan, ketakutan, atau fobia pada sesuatu, sakit hati, patah hati, ragu-ragu, rasa bersalah, dukacita, kebingungan hingga rasa malas.

Modal dasar untuk melakukan terapi EFT ini adalah ikhlas dan pasrah. Dengan bersikap ikhlas dan pasrah, emosi negatif yang terkurung di dalam diri bisa dibebaskan.

Untuk lebih jelasnya, saya akan jabarkan urutan pendek teknik EFT ini kepada Anda. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, terapi EFT ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukan teknik EFT ini sendiri ketika perasaan Anda sedang tidak tenang. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

1. Ketahui letak titik-titik meridian pada tubuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa EFT itu berguna untuk melancarkan peredaran energi dalam tubuh yang disebut meridian. Jika energi dalam tubuh (meridian) sudah lancar maka tubuh akan kembali sehat.

Proses melancarkan peredaran energi itu dilakukan dengan tapping atau ketukan ringan pada titik-titik meridian. Untuk itu, langkah pertama yang perlu Anda pelajari untuk melakukan EFT adalah mengetahui letak titik-titik meridian pada tubuh. Dengan begitu, Anda bisa melakukan tapping dengan benar. Perlu Anda ketahui bahwa tapping ini perlu dilakukan secara berurutan. Adapun urutan titik-titik kunci meridian tersebut bisa dilihat pada gambar disamping ini

2. Lakukan Tapping

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu melakukan Tapping atau ketukan ringan dengan ujung jari yaitu ujung jari telunjuk dan jari tengah. Anda perlu melakukan Tapping ini secara berurutan, yaitu mulai dari nomor 1 (titik karate chop) hingga nomor 9 (jarak 4 inchi dibawah ketiak). Tapping yang dilakukan untuk masing-masing titik minimal 7-8 kali.

Pada saat Anda melakukan Tapping, Anda harus menyatakan kalimat affirmasi kedalam hati Anda. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan emosi negatif yang tersimpan di fikiran bawah sadar Anda.

Cara menyatakan kalimat affirmasi yaitu dengan mengutarakan masalah Anda kepada Tuhan, lalu mengatakan bahwa Anda sudah ikhlas dengan apa yang sudah terjadi kepada Anda dan berserah diri kepada Tuhan terhadap apapun yang akan terjadi dalam hidup Anda. Hal itu sebagai bukti bahwa Anda sudah mempercayakan hidup Anda sepenuhnya kepada Tuhan. Bila dirumuskan, kalimatnya seperti dibawah ini

“Ya Allah walaupun saya….., saya ikhlas, saya pasrah kepada-Mu sepenuhnya.” (Anda tinggal mengisi masalah yang Anda derita pada titik-titik diatas). Jika kita tuliskan secara lengkap, contoh affirmasi EFT untuk penderita ansietas seperti ini

“Ya Allah, walaupun kepala aku sakit, jantung aku berdebar, napas aku terasa sesak, asam lambung aku kambuh, hati aku terasa sangat gelisah, aku ikhlas ya Allah, aku pasrah kepada-Mu sepenuhnya.”

Anda harus melakukan Tapping ini dengan penuh penghayatan dan konsentrasi terhadap affirmasi yang Anda ucapkan.

3. Lakukan pernapasan perut

Setelah anda selesai melakukan Tapping, lakukan pernapasan perut, caranya hirup napas dalam-dalam kemudian tahan sejenak udara tersebut diperut, lalu setelah itu hembuskan pelan-pelan.

Pada saat anda menghembuskan napas secara pelan-pelan, bayangkan semua beban fikiran anda keluar bersamaan dengan nafas yang anda hembuskan. Kemudian, minumlah segelas air putih. Insya Allah perasaan anda akan kembali lega.

Tips supaya terapi EFT hasilnya maksimal

Pada dasarnya Terapi EFT ini tidak harus sempurna ketika melakukannya. Meskipun Anda tidak tepat mengetuk titik merediannya, terapi EFT ini tetap ada efeknya terhadap Anda, yang penting Anda mengucapkan affirmasinya. Jika Anda masih belum mengerti tentang cara melakukan terapi EFT, Anda bisa tonton video tata cara EFT di youtube.

Penjelasan dan cara penggunaan EFT dapat anda lihat pada link video dibawah ini :

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=YH4p1STBeFw
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=Tm6hbjiDzJ0
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=5OGeREUgsfg
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=XT_yabsKMfw
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=hqmnk2Y4DW0

Jadi, supaya terapi EFT ini hasilnya maksimal, Anda perlu melakukannya dengan komitmen. Dalam hal ini, Anda perlu rutin melakukannya setiap hari, minimal 7 kali dalam sehari. Waktu yang bagus untuk melakukan terapi EFT ini adalah pada saat bangun tidur, ketika selesai shalat, ketika hati sedang tidak tenang dan pada saat mau tidur.


3. Komitmen untuk merasa berharga

Kebanyakan penderita Ansietas itu merasa minder dengan orang lain. Karena menderita ansietas, dia jadi tidak percaya diri, dia merasa tidak punya masa depan yang cerah, dia takut untuk berada dalam keramaian, dia takut untuk mengambil keputusan yang dapat merubah hidupnya, dia menjadi sensitif dengan orang lain. Jika disimpulkan, dia merasa hidupnya itu tidak berharga.

Jika Anda mengalami seperti ini maka cobalah untuk mengubah persepsi Anda terhadap diri sendiri. Sekarang coba ambil selembar uang dari dompet Anda, perhatikan uang itu baik-baik. Dengan uang itu, kita bisa membeli banyak hal. Untuk mendapatkan uang, banyak orang mau menerima tekanan di kantor. Demi uang, ada orang yang mau kerja lembur di kantor. Demi uang, orang mau berusaha jualan di toko sampai malam. Bahkan ada sebagian orang yang rendah akalnya mau menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang.

Apa yang membuat uang itu menjadi sangat berharga? Padahal, kalau kita fikir-fikir uang itu hanyalah kertas. Jadi, yang membuat uang itu menjadi sangat berharga adalah persepsi orang terhadap uang itu. Dalam hal ini, semua orang sudah sepakat untuk punya persepsi bahwa uang itu dijadikan sebagai alat tukar. Jika kita tidak punya persepsi yang tinggi terhadap uang, mungkin kita akan membuangnya ke tong sampah.

Tadi kita sudah membahas begitu tingginya persepsi orang terhadap uang. Sekarang, saya coba tanya kepada Anda. Maukah Anda jika kaki Anda dibeli dengan harga 100 juta? Maukah Anda jika jantung Anda dibeli dengan harga 1 Milyar? Maukah Anda jika Otak dan jiwa Anda dibeli dengan harga 200 Milyar?

Saya sangat yakin Anda akan menjawab tidak mau untuk ketiga pertanyaan diatas. Coba Anda renungkan, bagaimana pun tingginya persepsi orang terhadap uang, namun tetap uang itu tidak bisa ditukar dengan diri Anda. Ini adalah bukti bahwa betapa berharganya diri Anda, Untuk itu, apapun kondisi Anda saat ini cobalah untuk tetap merasa berharga.

Sesungguhnya Anda merasa berharga itu bukanlah sugesti, itu adalah fakta. Tuhan sangat menganggap Anda berharga. Alasannya sangat sederhana, Tuhan itu tidak pernah iseng, semua yang diciptakan Tuhan itu ada tujuan dan ada manfaatnya, apalagi manusia.

Jika kita perhatikan dengan jeli, banyak orang yang mengubah sampah bekas limbah menjadi hiasan, lalu terjual laris sampai diimpor ke beberapa negara. Bahkan, kotoran hewan saja dimanfaatkan orang sebagai pupuk. Coba bayangkan saja, kotoran saja ada manfaatnya, apalagi manusia yang merupakan makhluk yang paling tinggi derajatnya di sisi Tuhan.

Sampai Tuhan menciptakan Anda, Anda hadir ke dunia ini dan memberikan banyak manfaat, itu semata-mata karena Anda penting, Anda berharga, Anda benar-benar penting, Anda benar-benar diinginkan.

Jadi, jangan pernah merasa diri Anda tidak berharga. Terkadang, karena ada satu atau dua orang yang meremehkan kita, mendadak kita langsung merasa tidak berharga. Jika saat ini ada satu atau dua orang yang tidak menghargai Anda, itu sama sekali bukan menunjukkan kalau Anda tidak pantas dihargai.

Jika kita fikir-fikir siapa sih manusia yang disukai oleh semua orang. Manusia yang sangat mulia seperti rasul saja ada orang yang tidak menghargai. Jadi, mustahil kalau Anda mengharapkan semua orang akan menghargai Anda.

Jika saat ini ada satu atau dua orang yang tidak menghargai Anda, itu wajar-wajar saja. Sehebat apapun Anda, sepintar apapun Anda, dan sebaik apapun Anda, tetap akan ada orang yang tidak menghargai Anda.

Pada saat Anda merasa tidak berharga, cobalah untuk mengingat hal-hal yang pernah Anda capai. Hal itu kan membuat Anda kembali merasa berharga. Perlu Anda sadari, Pencapaian itu bukan hanya sukses menjadi orang kaya raya, sukses menjuarai suatu perlombaan, ataupun sukses memegang jabatan tertentu.

Pencapaian itu ada banyak, pada saat kita berhasil menjadi anak yang soleh dan patuh kepada orang tua, itu juga merupakan pencapaian. Pada saat kita memberi makan hewan yang kelaparan, itu juga pencapaian. Pada saat kita berhasil membuat orang tersenyum, itupun termasuk pencapaian. Jadi, coba diingat dan dirasakan kembali semua pencapaian Anda di masa lalu

Setelah Anda mengingat kembali semua pencapaian Anda, maka Anda akan kembali merasa berharga. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah depresi terhadap masalah yang Anda alami.

Mulai sekarang, coba tanamkan komitmen untuk tetap merasa berharga dalam kondisi apapun. Jika Anda sudah menanamkan komitmen untuk merasa berharga, maka motivasi Anda akan bangkit. Hal ini akan membuat Anda tidak pernah berhenti untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat.


4. Komitmen untuk membentuk pola fikir yang positif

Dalam buku saya yang berjudul 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan saya menyebutkan bahwa pola fikir kita itu terbentuk karena 4 hal, diantaranya yaitu persepsi, fokus, kebiasaan hidup dan lingkungan

Jadi, untuk merubah pola fikir kita perlu punya komitmen untuk merubah empat hal tersebut ke arah yang positif. Hal ini dimulai dari merubah persepsi kita, mulai sekarang cobalah untuk memiliki persepsi positif terhadap apapun.

Setiap kejadian yang Anda alami, cobalah untuk memandangnya dari sisi positif. Dan, usahakan untuk tidak berlebihan dalam mempersepsikan sebuah masalah. Jangan sampai masalah yang jika kita bisa ukur bobotnya 2, kita mempersepsikannya menjadi 10.

Kemudian, selalu kendalikan fokus fikiran kita, jangan sampai kita menjadi fokus memikirkan hal-hal yang tidak penting atau hal-hal yang tidak bermanfaat. Lalu, ubah juga semua kebiasaan kita yang negatif seperti kebiasaan browsing tentang gejala-gejala penyakit, kebiasaan bermenung, kebiasaan menonton film horor, kebiasaan bermalas-malasan dan lain-lain.

Tinggalkan semua kebiasaan negatif itu, lalu ganti dengan kebiasaan positif seperti beribadah, olahraga, membaca buku, dan lain-lain. Selain itu, ubah juga lingkungan Anda yang negatif. Jika selama ini Anda sering ngumpul dengan orang-orang yang tidak bagus kepribadiannya, maka cobalah untuk mengubahnya, cari lingkungan baru yang bisa membentuk kepribadian Anda menjadi lebih baik.

Jika Anda sudah sering bergaul dengan orang-orang yang pemikirannya dewasa, pola fikirnya positif, dan mentalnya positif. Nantinya kepribadian orang tersebut akan tertular kepada Anda.

Dalam hal ini, bukan berarti Anda jadi tidak menghargai lingkungan Anda yang lama. Tidak ada salahnya Anda tetap menjaga hubungan dengan lingkungan Anda yang lama, namun sekedarnya saja. Dan, alangkah bagusnya jika Anda mampu mengajak teman-teman Anda yang kepribadiannya kurang baik menjadi lebih baik.


5. Komitmen untuk tidak bermenung dan melakukan aktifitas positif

Pada dasarnya penderita Ansietas itu adalah orang-orang yang suka bermenung. Mustahil seseorang bisa terkena ansietas jika dia tidak suka bermenung. Supaya Anda tidak bermenung, coba kurangi waktu luang Anda dan perbanyak aktifitas Anda yang positif, caranya bisa dilakukan dengan membuat daftar kegiatan sehari-hari, lalu kerjakan semua kegiatan yang ada dalam daftar itu secara rutin.

Anda perlu melakukan hal ini dengan penuh komitmen. Dengan begitu, Anda akan menjadi disiplin terhadap diri Anda, sehingga Anda tidak punya waktu lagi untuk bermenung memikirkan hal-hal yang tidak penting.


Kesimpulan

Mulai sekarang, cobalah lakukan 5 tindakan pemulihan diatas dengan komitmen yang tinggi, insya Allah Anda akan sembuh dari Ansietas. Supaya Anda lebih berkomitmen untuk melakukan tindakan pemulihan, saya sarankan Anda untuk membeli buku saya yang berjudul 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan (Ansietas), buku ini versi cetak. Dengan membeli buku ini, Anda akan lebih serius untuk mempraktekkannya, karena buku ini bisa Anda bawa kemana-mana.

Bagi Anda yang berminat untuk membeli buku 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan (Ansietas), Anda bisa lakukan pemesanan secara online ataupun melalui sms. Cara melakukan pemesanan secara online bisa Anda baca pada link ini Cara Membeli Buku 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan
 

Pemesanan buku melalui SMS

Bagi Anda yang kesulitan untuk melakukan pemesanan buku secara online, Anda bisa lakukan pemesanan melalui sms

Silahkan Kirim SMS ke Nomor 0813 7891 7069 Tuliskan :

Pesan buku 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan, Nama, Alamat Lengkap, Kode Pos

Contoh :
Pesan buku 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan, Riani, Jalan Ahmad Yani, Perumahan Wadya Graha Blok G No.9, RT.01 RW.14 Kelurahan Jayamukti Kecamatan Panam, Kota Pekanbaru, Kode pos : 27293

Kami akan segera membalas SMS Anda untuk informasi pembayaran dan pengiriman buku kepada Anda. Sebagai informasi, buku ini dicetak secara self publishing, proses pencetakan dan pengiriman buku ini mencapai 10 - 14 hari, tidak termasuk sabtu dan minggu ataupun tanggal merah.



Post a Comment

0 Comments