Cara Mengobati Rasa Penyesalan yang Terlalu Berlebihan

Dalam hidup ini sering kali kita terlalu larut dalam masalah yang kita hadapi, sehingga terkadang kita menyesali diri sendiri, menyesali orang lain dan menyesali terjadinya peristiwa tersebut, hal ini yang membuat jiwa kita tidak tenang dan merasa hidup ini kurang berarti.

Seseorang itu menyesali dirinya terhadap suatu hal dikarenakan dia lupa bahwa semua yang terjadi di dunia ini sudah ada yang mengatur, selain itu penyesalan itu bisa juga disebabkan karena hasrat yang terlalu tinggi dalam mengejar sesuatu, sehingga ketika hasrat itu tidak terwujud dia menjadi stres atau depresi.

Perlu kita sadari bahwa apapun yang terjadi, apapun yang sudah terjadi dan apapun yang akan terjadi, itu memang harus terjadi dan seizin Tuhan tentunya, bahkan sehelai rambutmu jatuh pun atas kehendakNya. Allah SWT itu Maha Mengetahui, Dia lebih tahu apa yang terbaik untuk kita jalani, jadi berhentilah untuk menyesali diri pada saat kita mengalami suatu masalah yang berat.

Kita gak akan pernah bisa memutar waktu untuk kembali ke masa lalu, penyesalan terhadap peristiwa yang telah terjadi tidak ada manfaatnya, penyesalan itu hanya akan menyakiti perasaan kita dan merusak kesehatan kita.

Terkadang kita terlalu berlebihan dalam mempersepsikan sebuah masalah, masalah yang jika kita bisa ukur bernilai 7, kemudian dirasa-rasa dipersepsikan menjadi 14 atau 30, lebih besar dari fenomena nyata dari masalah itu sendiri. ini lah yang membuat jiwa kita menjadi tersiksa.

Ketika anda merasa begitu menyesal terhadap suatu peristiwa, coba anda tanya ke dalam hati anda, apakah perasaan ini adalah perasaan yang realistis atau hanya perasaan berlebih, memaknai berlebih dari apa yang seharusnya dirasakan? Mohon anda renungkan

Jika anda masih dihantui oleh rasa penyesalan anda, katakan ke dalam hati anda seperti ini “aku sayang pada diriku sendiri, diriku ini jauh lebih berharga dari masalah yang aku hadapi” hal ini akan membuat anda merasa lebih baik, tentu saja karena rasa sayang yang cukup pada diri sendiri membuat anda merasa tegar dalam hidup ini,

Saya percaya bila anda sayang pada diri anda sendiri, anda tidak akan membiarkan masa lalu mengikat anda, bahwa diri anda ini lebih penting dari masa lalu anda, bahwa harapan anda, cita-cita anda, tujuan hidup anda, kebahagiaan hati anda, keluarga anda yang anda cintai, itu semua lebih berarti, lebih penting daripada masa lalu yang telah berlalu, telah usai, yang sesungguhnya hanya bersifat pembelajaran

Masa lalu itu sendiri hanya bersifat pembelajaran, enak gak enak itulah pembelajaran, meskipun memang masa lalu banyak gak enaknya misalkan, tapi itulah pembelajaran, pembelajaran itu untuk siapa? untuk dirimu, karena dirimu penting.

Dirimu adalah pelaku, dirimu adalah pemain peran utama dalam hidup ini, masa lalu ibarat sebuah buku hanya pembelajaran, mana yang lebih penting antara anda sebagai pemain peran apalagi pemain peran utama dibandingkan buku, tentu saja anda lebih penting.

Jadi jika kita pernah membuat kesalahan di masa lalu. Kesalahan itu cukup dijadikan pelajaran agar kita tidak mengulanginya lagi di masa yang akan datang,

Ketika timbul kekhawatiran anda terhadap efek dari masalah yang tadinya anda sesali, anda cukup mengatakan di dalam hati “Tuhan itu Maha Besar, aku percaya ada hikmah dibalik kejadian ini, peristiwa ini menjadi pelajaran berharga bagi aku”. Jadi anda tidak perlu menyesali hal itu terus menerus, sayangi jiwa anda, karena jiwa ini sungguh tidak ternilai harganya

Banyak sekali kejadian atau peristiwa yang pada awalnya kelihatan buruk, lalu pada akhirnya mendatangkan peristiwa yang luar biasa bagi diri seseorang, saya pernah mendengar suatu cerita orang yang sukses dalam hidupnya karena dia pernah tinggal kelas semasa dia sekolah, peristiwa itu membuat dia termotivasi. Sehingga pada saat dia sukses dia mengucapkan terima kasih banyak pada guru yang memberi keputusan bahwa dia tinggal kelas pada masa itu.

Jika kita cermati peristiwa ini, seandainya pada saat itu dia menjadi minder lalu menyesali dirinya, apakah dia akan sukses? jawabannya tentu saja tidak. Dengan memaknai kejadian tersebut secara positif membuat dia belajar dari kesalahannya dan lebih tertantang untuk membuktikan kalau dirinya bisa untuk sukses.

Ada 3 pertanyaan jitu yang dapat mengobati rasa penyesalan yang terlalu berlebihan, antara lain yaitu sebagai berikut :

1. Apa yang bisa ku perbuat untuk memperbaiki kesalahan yang ku lakukan di masa lalu ?

Misalnya anda berbuat kelalaian seperti merusakkan benda berharga dalam hidup anda, benda berharga tersebut misalnya Handphone, jika terjadi seperti ini anda tentunya kesal, itu adalah hal yang wajar, namun jangan terlalu dituruti perasaan tersebut.

Sebaiknya abaikan rasa kesal tersebut kemudian langsung tanyakan ke diri anda, apa yang bisa kulakukan untuk memperbaiki kesalahan ku ini? bisa jadi anda akan menjawab, caranya adalah mengecek kerusakan terlebih dahulu, seandainya bisa diatasi sendiri maka anda akan coba mengatasinya sendiri, jika tidak anda akan membawa ke tempat service handphone

2. Manfaat positif apa yang bisa kudapatkan dari kejadian ini ?

Setelah anda mengupayakan untuk memperbaiki kesalahan anda, bisa jadi anda masih menyimpan rasa penyesalan, jika hal ini terjadi maka langsung tanyakan ke diri anda, manfaat positif apa yang bisa kudapatkan dari kejadian ini ? misalnya dari kejadian tersebut, anda jadi tahu banyak soal handphone, tentunya dengan kerusakan handphone yang anda alami anda akan mencari tahu tentang permasalahan handphone yang anda alami.

3. Pelajaran apa yang bisa kupetik dari kejadian ini ?

Setelah anda mencari tahu manfaat positif dari kejadian tersebut, maka langkah selanjutnya adalah memetik pelajaran terhadap kesalahan yang telah anda lakukan pada kejadian tersebut, caranya adalah dengan bertanya ke diri anda sendiri, pelajaran apa yang bisa kupetik dari kejadian ini ? bisa jadi anda akan menjawab seperti ini, "kejadian ini adalah pelajaran berharga bagi aku, kecerobohan yang sering aku anggap sepele ternyata membawa akibat yang sangat fatal, mulai sekarang aku akan berusaha tidak ceroboh lagi"

Ketiga pertanyaan diatas jika anda terapkan pada saat anda mengalami perasaan kesal yang begitu dalam maka rasa kesal tersebut akan langsung bisa terobati dengan drastis.

Cara lain untuk mengatasi penyesalan adalah dengan mengucapkan afirmasi positif ke dalam hati anda sebelum anda tidur dan sesudah anda bangun tidur, karena pada saat itu alam bawah sadar terbuka lebar.
Afirmasi positif yang anda berikan tidak boleh menggunakan kata tidak, jangan atau kata larangan lainnya seperti “jangan menyesal” karena alam bawah sadar kita tidak mengenal kata tidak, jangan dan lain-lain.

Contoh coba fokus dengan apa yang saya tulis “jangan fikirkan Mobil”. sekarang apa yang anda fikirkan? Pasti mobil kan?

Contoh Afirmasi yang baik
“Mulai saat ini Saya akan menjadi seorang yang tenang dan seimbang, ikhlas menerima semua kejadian, jauh dari emosi dan hasilnya akan muncul pada prilaku saya keesokan harinya, “.

pada pembuatan artikel ini, saya banyak mengambil referensi dari guru saya Bapak Dedy Susanto penulis buku Pemulihan Jiwa, semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment

45 Comments

  1. sangat bermanfaat sekali artikel ini
    Thanks....

    ReplyDelete
  2. Waw. Alhamdulillah bisa sedikit lega stelah membaca artikel in. Terima kasih mas.

    ReplyDelete
  3. terima kasih....sungguh sangat membantu artikel ini

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. saya telah menolak tawaran dari perusahan ,karna saya belum siap berpisah dengan org yg ku sayangi,ini mmg selalu terjadi di sebuah film ,dan sering aku meremehkan,,dan saat ini bener2 terjadi pd saya,skrg saya sadar bahwa peluang yg di tawarkan itu terbaik buat karir saya,dan kini saya bisa di katakan depresi karna ini semua,ap yg harus saya lakukan lagi , dan waktu itu ngk mungkin terulang lagi,saya sangat berterima kasih pada penulis blog ini , semoga selalu sukses, , dan saya sangat mengharapkan pendapat dr teman2 semua ttg ap yg harus saya lakukan , terima kasih , ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...kalau menurut saya, yang harus mas lakukan sekarang yaitu coba cari peluang baru mas..jangan putus asa, seperti kata pepatah "gak satu jalan menuju roma"

      Delete
    2. Senasib dengan saya rasanya depresi dan menjadi beban pikiran karna sudah memilih keputusan yang salah

      Delete
  6. Terimaksih, sangat membantu keluar dari pnyesalan saya selama ini.

    ReplyDelete
  7. Terimaksih, sangat membantu keluar dari pnyesalan saya selama ini.

    ReplyDelete
  8. Terimaksih, sangat membantu keluar dari pnyesalan saya selama ini.

    ReplyDelete
  9. Terimaksih, sangat membantu keluar dari pnyesalan saya selama ini.

    ReplyDelete
  10. Suka dengan artikelnya,tp klo membacanya masih dalam keadaan alam bawah sadar,gak mampan ,kyak q ni,hampir 1 bulan q dpresi bnget,q menyesal telah membuang waktuq selama 4 tahun untuk tidak memiliki momongan,krna q tidak siap untuk menjadi seorang ibu,dan skrang q sudah siap lahir batin..tp q malah menyesali waktu yang sudah berlalu..

    ReplyDelete
  11. Suka dengan artikelnya,tp klo membacanya masih dalam keadaan alam bawah sadar,gak mampan ,kyak q ni,hampir 1 bulan q dpresi bnget,q menyesal telah membuang waktuq selama 4 tahun untuk tidak memiliki momongan,krna q tidak siap untuk menjadi seorang ibu,dan skrang q sudah siap lahir batin..tp q malah menyesali waktu yang sudah berlalu..

    ReplyDelete
  12. ikhlaskan aja mbak...masa lalu itu tidak perlu disesali, masa lalu itu cukup dijadikan pembelajaran. Mulai sekarang coba fokus kepada masa depan aja mbak...

    ReplyDelete
  13. Tq. Insyaallah aku akan cuba dan ikut nasihat kau. Aku rasa menyesal sangat kerana aku meninggalkan ilmu Allah di sekolah agama dan sekarang aku hanya menuntut ilmu dunia bukan akhirat aku rasa sangat kecewa menyesal sedih sangat sangat. Dan aku harap perasan ni akan hilang kerana aku ingin mengubahnya kembali. Insyaallah Amin.

    ReplyDelete
  14. Tq. Insyaallah aku akan cuba dan ikut nasihat kau. Aku rasa menyesal sangat kerana aku meninggalkan ilmu Allah di sekolah agama dan sekarang aku hanya menuntut ilmu dunia bukan akhirat aku rasa sangat kecewa menyesal sedih sangat sangat. Dan aku harap perasan ni akan hilang kerana aku ingin mengubahnya kembali. Insyaallah Amin.

    ReplyDelete
  15. Thnks atas msukan dan saran dri artikel yg dbuat ini. cukup membuka fikiran kmna arah hidup kita kdepanya dan memetik dari suatu penyesalan dimsa lalu.tks

    ReplyDelete
  16. saya merasa menyesal waktu itu resign dr tempat kerja saya karna harus masuk pada hari idul fitri, saya belum siap melewati lebaran dgn keluarga demi uang makanya saya pilih resign. tetapi setelah sebulan kemudian saya merasa sangat menyesal saya gatau harus gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menuru saya, mas Dht Prames sudah melakukan hal yang benar karena mas lebih memprioritaskan keluarga dibandingkan pekerjaan. Kalau uang bisa dicari mas, rezeki itu sudah ada yang mengatur. Jadi, gak perlu disesali mas, Jika mas ikhtiar untuk mendapatkan pekerjaan maka insya Allah mas akan dapatkan pekerjaan lagi

      Delete
  17. Sangat menarik mas..mksh sharenya.sy terkadang jg menyesali ms lalu sy.merasa tdk optimal. Tp ya sdhlah semuanya hrs dilupakan.

    ReplyDelete
  18. terima Kasih mas tapi susah yaa sampai sekarang sudah 1bln tetep nyesel banget, dan belom bisa berfikir jernih apa hikmah dari kejadian yg saya alami. 😅😂

    ReplyDelete
  19. Saya sangat menyesali perbuatan saya karna tidak sabar dalam suatu hal ,saya menjadi malu dengan siapapun karena hal bodoh yang saya lakukan saya tidak tau lagi bagaimana caranya hidup saya bisa sukses karna saya sudah menyia nyiakan sesuatu

    ReplyDelete
  20. terima kasih mas tp sdh 1 thn penyesalan belum jg hilang andai saja aku punya keberanian andai saja yahhhh sudahlah kesempatn tdk akan dtng kedua kalinya belajar untuk mengiklaskan

    ReplyDelete
  21. Terima kasih kpd yg mmbuat blog & artikel ini sekarang saya sudah mulai memikirkan masa depan di banding masa lalu ku yg sdikit suram bahkan hampir gelap.tp alhamdulilah skarang stelah aku membaca artikel ini dan trus berdoa ke pada alloh skarang saya d beri sdikit ktenangan jiwa . thanks ea:)

    ReplyDelete
  22. Terima kasih kpd yg mmbuat blog & artikel ini sekarang saya sudah mulai memikirkan masa depan di banding masa lalu ku yg sdikit suram bahkan hampir gelap.tp alhamdulilah skarang stelah aku membaca artikel ini dan trus berdoa ke pada alloh skarang saya d beri sdikit ktenangan jiwa . thanks ea:)

    ReplyDelete
  23. trima kasih artikel.a sangt membantu, tpi sya bertnya apa bisa di jwb

    ReplyDelete
  24. trima kasih artikel.a sangt membantu, tpi sya bertnya apa bisa di jwb

    ReplyDelete
  25. trima kasih artikel.a sangt membantu, tpi sya bertnya apa bisa di jwb

    ReplyDelete
  26. Terimakasih artikelnya, sangat membantu sekali ^^

    ReplyDelete
  27. Saya adalah mahasiswa setelah melakukan sidang skripsi, setelah itu ada proses yudisum, akan tetapi saya telat utk menyelesaikan revisi utk yudisum, akan tetapi saya menyesali dan larut dalam masalah tersebut sampai 2 hari 2 malam saya tidak tidur sama sekali sehingga saya terkena berbagai macam penyakit yaitu jantung, asam lambung, parkinson,tidur di malam hari hy 2 jam, bahkan tidak tdr sama sekali selama 1 bulan sehingga saya susah sekali fokus dan kepala ini serasa ditusuk2. Sampai2 saya tidak kuat dengan penyakit yang saya derita sehingga saya ingin bunuh diri,tapi untung keluarga saya banyak yang mencegah saya dan saya allah juga menyebutkan orang yang bunuh diri akan kekal di dalam neraka, dan setelah ketemu blog ini saya coba benar2 ikhlas dan sabar dengan penyakit yang saya derita. Terima Kasih mas Nico Manggala Wanabakti #becandamasojoserius

    ReplyDelete
  28. Tapi kalo kita sering melakukan kesalahan yang sama berulang kali , mengecewakan orang lain yg tlah membantu kita , dan melakukan penyesalan berkali kali

    ReplyDelete
  29. bagaimana jika melakukan kesalahan yang samasekali tidak bisa diperbaiki?

    ReplyDelete
  30. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    ReplyDelete