Cara Mengatasi Panic Attack ( Serangan Panik)

Panic attack atau serangan panik biasanya dialami oleh penderita ansietas, serangan panik ini tidak hanya membuat jiwa penderitanya merasa sangat tersiksa, namun panic attack juga bisa membuatnya fisiknya ikut merasa tersiksa. 

Ketika panic attack itu datang orang akan merasakan suasana yang sangat tidak nyaman dalam hatinya, hatinya akan bergemuruh merasakan gejolak jiwa yang sulit untuk dikendalikan, kemudian fisiknya pun ikut merasakan sakit, untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut :

       
1. Sandarkan Hati Anda kepada Tuhan

Pada saat kita mengalami panic attack terkadang kita lupa bahwa hidup ini sudah digariskan atau lupa bahwa Tuhan itu Maha besar diatas semua masalah yang kita hadapi, untuk itu hendaknya pada saat kita mengalami panic attack hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengingat Tuhan kemudian memohon kepadaNya agar ditenangkan hati kita dan dimudahkan segala urusan kita karena segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendakNya

Dalam Al-qur’an sudah dijelaskan :
Jika Allah menimpakan sesuatu bencana kepadamu, Maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, Maka tak ada yang dapat menolak KaruniaNya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS.Yunus: 107).

Saat ini banyak hal yang menyebabkan orang menderita perasaan sedih dan depresi oleh karena frustrasi yang dialami oleh manusia, hal ini yang membuat orang menjadi cemas akan terjadi hal-hal buruk yang akan menimpanya, dan sering kali rasa cemas itu dipicu oleh trauma di masa lalu, dimana trauma tersebut menyimpan rasa penyesalan yang begitu besar di dalam dirinya.

Jika kita menghayati dan merenungkan kandungan surah yunus ayat 107 kita akan bisa bersikap tenang ketika kita mengalami panic attack karena kita mengerti bahwa semua yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak Allah SWT. pada saat hati kita sedang panik, selalulah ingat bahwa Tuhan itu Maha Besar diatas semua masalah yang kita hadapi, Tuhan itu lebih tahu apa yang kita butuhkan lebih dari sekedar apa yang kita inginkan.

Pada saat perasaan saya tidak enak saya sering katakan ini dalam hati saya :
Kenapa aku harus sedih, cemas dan frustrasi? Allah itu Maha Mengetahui dan Allah itu Maha Penyayang, aku yakin Allah itu pasti lebih tahu apa yang terbaik untukku, Dan apakah ada yang lebih indah daripada ini? Apapun yang terjadi aku berserah diri kepada Allah, yang penting aku tetap ikhtiar dan berdoa kepadaNya, apa yang terjadi nantinya aku serahkan sepenuhnya kepada Allah SWT.

Dengan mengucapkan affirmasi tersebut kedalam hati saya, perasaan saya jauh menjadi lebih tenang.

2.      EFT

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% penyakit yang diderita berasal dari fikiran negatif, fikiran yang negatif akan menghasilkan emosi yang negatif, dan emosi negatif yang berlebihan akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Emosi negatif sangat berperan dalam menimbulkan berbagai penyakit dan pengaruh pada fisik jauh lebih besar dari yang kita kira, kita semua tahu bahwa jika kita marah, frustasi atau trauma akan tampak secara fisik, jika seseorang benar-benar marah, perut mereka akan mengencang, urat nadi akan terlihat menonjol di leher mereka, tekanan darah mereka meningkat, jadi sangat jelas emosi itu berpengaruh pada fisik, jika hal itu berlangsung lama tentu saja dapat menimbulkan berbagai penyakit

Emotional Freedom Technique (EFT) adalah alat terapi psikologi yang berguna untuk membebaskan emosi negatif yang ada dalam diri seseorang. EFT adalah salah satu pengobatan yang sangat ampuh dan banyak terbukti secara ilmiah, dan lebih menariknya lagi, teknik EFT ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

EFT ini adalah versi sederhana dari akupunktur, didalam akupunktur diketahui ada beberapa energi yang mengalir di dalam tubuh yang disebut meridian, jika energy tidak mengalir dengan baik maka tubuh pun menjadi tidak sehat. EFT ini berguna untuk melancarkan kembali peredaran energi tersebut, hal ini dilakukan dengan cara mengetuk ringan pada titik-titik di tubuh kita, titik ini adalah tempat mengalirnya energy meridian tersebut

Pada seseorang mengalami panic attack, seseorang akan mengalami gejala fisik yang luar biasa, dengan menggunakan teknik EFT ini insya Allah emosi negatif yang tersimpan tersebut bisa dikeluarkan dan fisik akan kembali normal.

Penjelasan dan cara penggunaan EFT dapat anda lihat pada link video dibawah ini

Selain bisa mengatasi panic attack, teknik EFT ini juga bisa menyembuhkan penyakit anda secara permanen jika anda melakukannya secara rutin.

3.      Mengubah Fokus
Ketika seseorang mengalami panic attack biasanya dia akan merasa takut sekali, hal ini akan menyebabkan kepanikannya bertambah dan rasa sakit pada fisiknya juga semakin bertambah, pada situasi seperti ini penderita akan merasa serba salah.

Seandainya dia cemas maka kepanikan dan rasa sakit pada fisiknya akan bertambah, situasi seperti ini menuntut dia untuk bersikap tenang sementara serangan panic dan rasa sakit fisik yang yang menyiksa dirinya membuat dia sulit untuk mengendalikan diri. Pada situasi tersebut penderita berada dalam keraguan, jika anda pernah mendengar istilah lingkaran setan maka situasi yang berada dalam keraguan itulah yang dikatakan dengan lingkaran setan

Peristiwa panic attack tentunya mendatangkan trauma yang sangat mendalam bagi penderita. Hal ini membuat penderita menjadi takut untuk cemas, karena jika dia cemas panic attack bisa terulang kembali, rasa takut tersebut membuat penderita semakin fokus dengan rasa cemasnya, sehingga muncul berbagai persepsi negatif tentang dirinya dan masalah yang dia hadapi, hal ini tentu saja membuat kecemasannya menjadi meningkat, dan akhirnya panic attack itu terjadi lagi, peristiwa tersebut akan terus berulang sampai penderita bisa menguasai perasaannya.

Dari penjelasan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa fokus kita sangat mempengaruhi perasaan dan fikiran kita, jadi untuk itu pada saat panic attack terjadi sangat penting bagi kita untuk  mengubah fokus kita, adapun caranya dapat dilakukan dengan menggunakan jurus, jurus ini saya namakan dengan “jurus cuek” untuk menguasai jurus ini kita cukup melakukan 2 langkah sederhana yaitu “Abaikan perasaan dan kelola Mindset”

Penyebab seseorang sulit untuk mengubah fokus ketika terjadi panic attack adalah karena orang itu terlalu menuruti perasaan negatifnya, sehingga fikirannya dikuasai oleh perasaannya bukan fikiran yang menguasai perasaan. Ketika fikiran seseorang dikuasai oleh perasaan negatifnya maka orang itu akan larut dalam masalah yang dihadapinya, hal ini yang membuat dia terlalu berlebihan dalam memberikan persepsi terhadap suatu masalah.

Banyak sekali penelitian di bidang psikologi yang membuktikan bahwa perasaan itu bersifat situasional atau kondisional, beda waktu bisa beda rasa dan malah beda tempat juga bisa beda rasa.

contohnya misalkan anda mengalami perasaan yang tidak enak lalu tiba-tiba teman anda mengajak anda ke toko buku, sesampainya anda di toko buku, perasaan anda akan berubah secara drastis, yang tadinya anda mengalami perasaan yang tidak enak lalu kemudian tiba-tiba berubah, hal ini dikarenakan perubahan suasana yang terjadi di tempat anda berada

Jadi hendaknya fikiran kitalah yang menguasai perasaan bukan sebaliknya, sering kali kita terjebak oleh perasaan kita yang bersifat situasional, kita gak usah berbicara jauh-jauh tentang berbagai masalah yang terjadi, misalkan kita pergi ke suatu tempat lalu disana ada warna yang kita gak suka, kemudian tiba-tiba perasaan kita menjadi tidak tenang, coba bayangkan warna saja bisa mengubah perasaan kita, coba anda bayangkan jika semua perasaan kita turuti, apa yang akan terjadi pada hidup kita….?

Jika kita menuruti perasaan negatif yang kita alami, kita akan terjebak di dalamnya, fikiran kita akan dikendalikan oleh perasaan negatif kita, kemudian akan muncul berbagai macam persepsi negatif tentang diri kita dan masalah yang kita hadapi.

Fitrah manusia itu terlahir suci, tidak ada rasa takut. coba anda perhatikan bayi, pernahkah bayi merasa stress atau panic, bayi menangis cuma karena 2 hal yaitu karena pengen minum susu atau sedang buang air. ketika bayi tersebut mulai tumbuh besar barulah dia tahu rasa cemas karena dia sudah mampu berinteraksi dengan lingkungan, situasi yang berbeda mempengaruhi nuansa jiwa yang dia alami

Pada saat anda mengalami panic attack yang harus anda ingat adalah perasaan itu bersifat situasional, perasaan yang anda alami itu bukanlah diri anda yang sebenarnya, kepanikan itu hanyalah akibat kecemasan anda yang terlalu berlebihan, sehingga membuat anda berfikiran macam-macam.

Oleh karena itu jika anda mengalami panic attack, abaikan saja perasaan negatif tersebut kemudian lakukan hal positif yang bisa mengubah fokus anda, seperti gosok gigi, cuci muka, baca Al-qur’an, nonton tv, ngobrol dengan anggota keluarga atau teman dan lain-lain, jika anda sudah mengubah fokus anda, selang beberapa menit perasaan anda akan berubah secara drastis, ini akan menjadi bukti di fikiran anda bahwa perasaan itu sungguh situasional.

Pada saat perasaan anda sudah kembali tenang, anda sudah mulai jernih berfikir, meskipun anda teringat kembali tentang masalah yang menyebabkan anda panik, anda tidak akan langsung panik. maka dari itu fikirkan solusi apa yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah anda, coba berdialog dengan diri sendiri secara positif, kelola mindset anda dengan baik.

jika anda sudah menemukan solusi terhadap masalah anda namun perasaan anda masih menyimpan rasa cemas, maka abaikan perasaan cemas tersebut, yang penting anda sudah memikirkan solusi terbaik apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi masalah anda, mengenai hasilnya nanti anda cukup berserah diri kepada Allah SWT, yang penting anda sudah ikhitiar dan berdoa, apa yang tidak bisa anda fikirkan tidak usah anda fikirkan dan ikhlaskan hati anda terhadap semua yang telah terjadi

apakah dengan cuek terhadap perasaan negatif yang anda alami itu menunjukkan ketidakpedulian anda terhadap diri sendiri? Justru dengan bersikap cuek terhadap perasaan negatif yang anda alami adalah wujud kepedulian anda terhadap diri sendiri, sikap cuek tersebut dilakukan atas dasar rasa sayang anda terhadap diri sendiri, itu semua anda lakukan karena anda peduli terhadap kebahagiaan hati anda, kesehatan anda, impian anda, tujuan hidup anda, keluarga anda yang anda cintai dan lain-lain.

Dengan merenungkan hal ini anda akan bersikap cuek terhadap perasaan negatif yang anda alami karena anda tentunya tidak ingin membuang-buang waktu anda untuk memikirkan dan menuruti perasaan negatif anda yang sifatnya situasional.

4.      Teknik Anchor

Dalam ilmu psikologi dan hypnotherapy ada yang dinamakan dengan teknik anchor, kegunaan teknik ini adalah mengubah fokus dengan mengkaitkannya dengan sesuatu, jadi anchor ini ada bermacam-macam, ada anchor yang menggunakan benda dan ada yang anchor yang menggunakan gerak tubuh, sebaiknya anda tidak memakai teknik anchor yang menggunakan benda karena itu bisa merubah keyakinan anda

Anthony Robbin mengatakan dalam bukunya Awaken the Giant Within yaitu “Our Emotion is created by our motion” artinya emosi kita itu sangat dipengaruhi oleh gerak kita. Bapak Tung Desem Waringin sering mempraktekkan teori yang dikatakan oleh Anthony robbin ini di berbagai seminarnya, seperti mengajak audiens untuk melompat-lompat agar perasaan mereka tetap semangat.

Pernyataan Anthony Robbin ini tentu saja menguatkan penjelasan kita pada point nomor 2 bahwa perasaan itu sungguh situasional, oleh gerak tubuh saja perasaan bisa berubah.

Teknik anchor yang akan saya jelaskan disini adalah teknik anchor yang menggunakan gerak tubuh, disini saya akan coba menjelaskan tentang cara mengkombinasi teori yang dikatakan oleh Anthony Robbin dengan teknik anchor, untuk menggunakan teknik anchor anda harus memprogram fikiran anda terhadap gerak tubuh yang anda kaitkan, contoh : ketika anda mengepalkan tangan anda, perintahkan otak anda untuk memikirkan hal yang membahagiakan

Jika anda melakukan ini secara berulang-ulang, anda tidak perlu lagi perintahkan otak anda, secara otomatis otak anda akan memikirkan hal yang membahagiakan ketika anda mengepalkan tangan anda, teknik ini akan sangat ampuh jika anda melakukannya untuk gerak-gerak yang lebih dahsyat seperti melompat, mengangkat tangan keatas, dan lain-lain.

Keempat cara diatas akan sangat bagus hasilnya jika anda mengkombinasikannya. Jika anda selalu ingat dengan cara ini maka mental anda akan terbentuk dengan baik karena setiap anda mengalami panic attack anda akan ingat dengan cara ini, seiring berjalannya waktu anda tidak takut lagi dengan panic attack. Hal ini tentu saja dapat merubah mindset anda tentang kecemasan yang anda alami.

Saya juga sudah menerbitkan buku versi cetak yang berjudul 9 Terapi untuk Mengatasi Kecemasan yang Berlebihan, pembelian buku ini dilakukan secara online. Bagi yang berminat untuk membeli buku ini silahkan klik link ini Cara Membeli Buku 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan 

Post a Comment

51 Comments

  1. Makaaih mas infonya... sangat bermanfaat buat saya...

    ReplyDelete
  2. makasih infonya gan... sangat bermanfaat nih soalnya saya sering kena panic attack

    ReplyDelete
  3. Terimakasih mas atas artikelnya krn saya sering mengalami hal ini sehingga langkash saya terbatas , semoga mas pembuat artiel ini dilimpahkan rezekinya

    ReplyDelete
  4. Saya prnh mengalami saat sholat idul fitri, saat baca alfatiha tiba2 perut mules melilit, saya berada ditengah2 syaf dan tdk mgkn membatalkan sholat, tiba2 panic sampai kaki gemeteran lemes dan jantung berdetak kencang bgt, saya fikir akan mati saat itu, kejadian itu membuat saya takut akan kematian sampai saat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu hanya kecemasan berlebihan mbak, gak usah terlalu difikirkan mbak...

      Delete
    2. Than 2010 saya pernah mengalami hal tsb,berbagao motode penyembuhan mulai ETF, dizkir dan sholat malam telah sy jalano selama 1 bulan namun blm membuahkan hasil, ketakutan akan kematian senantiasa muncul seolah malaikat maut mengikuti. Namun alhamdulillah setelah saya membaca al quran dan meresapi maknanya sekita itu juga sirna semua ketakutan itu.

      Delete
  5. Terimakasih atas artikelnya. Sangat bermanfaat. Semoga diberikan kesehatan dan rejeki kepada penulis dan kita semua.

    ReplyDelete
  6. bener-bener membantu :) saya coba ah , sudah 2 minggu lebih saya merasakan panic atack yg berlebihan sehingga menyusahkan banyak orang :'D semua rasa takut gelisah jadi campur :D kalo bisa bikin komunitas di grub fb ini

    ReplyDelete
  7. Terima kasih infonya , saya sudah mengalami panic attact atau anxeitas sejak awal oktober 2015, dan sekarang sudah konsul ke dokter penyakit jiwa,,dikasih obat sandepril 50 mg pagi dan alprazolam untuk malam, alhamdulillah sudah lumayan berkurang rasa cemasnya,, selain itu saya disarankan terapi tarik nafas dalam2 dan lepas..di ulang sampai 10 x setiap rasa cemas itu datang,, kita harus bisa mengatur perasaan agar tidak larut menikmati rasa cemas itu,, yakinkan selalu dalam hati kita bisa sehat,, dan sering2 berdzikir kepada Allah SWT agar hati kita makin tenang.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih mas, artikelnya sangat membantu saya :)

    ReplyDelete
  9. Aku udh kena panic attack dri kelas 5 sd mpe skrg umur q 23 tahun...tpi masih suka muncul jarang..kdg aku bisa atasin...tpi qlo dteng.a trllu brlebihan aku bner2 takut rasa.a kayak org mo mati aja....tpi aku mulai trbiasa...awal2 takut bgt...tpi lama2 mulai bisa kendaliin...bismillaah aja sama Alloh...yakin pasti sembuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yg pernah mengalami serangan panic attact, tdk semudah itu bisa lepaskannya. Mulai dari teknik ubah fokus, EFT, sholat tahajud, dzhikir, walaupun semua teknik diatas sy lakukan selama 2 minggu namun blm jua berhasil melepaskan kecemasan saya akan dekatnya kematian. Sehari hari saya selalu dicekam rasa takut, namun alhamdulillah saat saya membaca al quran dan maknanya seketika iti pula lenyapkan segala ketakutam saya sampai saat ini alhamdulillah tak pernah lagi muncul.

      Delete
    2. Jika mas asep mengatakan zikir dan shalat tahajud itu tidak membuahkan hasil, itu artinya mas asep tidak memaknai Al-quran dengan baik

      Dalam Al-quran sudah dijelaskan
      "(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah, ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram"
      (QS. ar-Ra'd ayat 28)

      Pada dasarnya cara mengingat Allah itu bisa kita lakukan dengan berzikir, shalat tahajud dan lain-lain.

      Saya sendiri tidak berani mengatakan zikir dan shalat tahajud itu tidak membuahkan hasil. Jika setelah saya zikir dan shalat tahajud, hati saya juga tidak tenang, maka saya akan beranggapan kalau bukan zikir yang tidak membuahkan hasil, namun saya yang tidak khusu' ketika berzikir. Menurut saya, penyebab orang tidak khusu' dalam berzikir yaitu karena hati orang tersebut belum ikhlas dan tawakal menjalani kehidupan.

      Tolong mas bedakan antara menyembuhkan kecemasan berlebihan secara permanen dengan memberikan pertolongan pertama pada saat terkena serangan panik.

      artikel saya ini menjelaskan tentang cara memberikan pertolongan pertama untuk mengatasi serangan panik. Dan, Alhamdulillah banyak sekali orang yang hatinya menjadi tenang setelah mempraktekkan cara yang ada dalam artikel ini, mulai dari berzikir, terapi EFT, teknik ubah fokus dan teknik anchor.

      Saya pribadi sangat setuju kalau untuk memulihkan penyakit kecemasan berlebihan secara permanen sangat membutuhkan proses

      Dalam hal ini, kita perlu merubah mindset kita menjadi positif, agar trauma-trauma yang terjadi di masa lalu tidak membuat kita cemas berlebihan

      Dan, saya sangat setuju sekali kalau cara yang paling ampuh untuk membentuk mindset positif adalah dengan membaca Al-quran dan mempelajari maknanya.

      Jadi, sekali lagi saya katakan, tolong bedakan antara memulihkan kecemasan berlebihan secara permanen dengan memberikan pertolongan pertama untuk orang yang terkena serangan panik.

      Delete
  10. Saya juga sedang mengalami serangan panik. Sungguh sangat menyiksa. Sy sdh bca bnyak artikel, tp knapa ktika serangan panik itu dtang sy tdk bsa mngendalikannya, sy sgt trsiksa dgn keadaan yg sperti ini, sangat mengganggu kehidupan sya, smpai2 rsa smangathilang dan tak ada gairah. Tolong yg mungkin sdh brhasil smbuh, mhon bntuan sarannya.

    ReplyDelete
  11. Saya juga sedang mengalami serangan panik. Sungguh sangat menyiksa. Sy sdh bca bnyak artikel, tp knapa ktika serangan panik itu dtang sy tdk bsa mngendalikannya, sy sgt trsiksa dgn keadaan yg sperti ini, sangat mengganggu kehidupan sya, smpai2 rsa smangathilang dan tak ada gairah. Tolong yg mungkin sdh brhasil smbuh, mhon bntuan sarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba praktekkan cara-cara yang diajarkan dalam artikel ini

      Delete
  12. Sy mengalami panik pertengahan mei 2016 karena ada sesuatu hal yg sangat menyakitkan...sehingga sy mengalami serangan panik tersebut dan sangat menyiksa dan menakutkan..serangan bisa awal dan yg kedua esoknya dan anehnya saat tidur..kemudian hilang dan yg mulai parah sy rasakan di pertengahan juni ...itu hampir setiap jam,pada saat serangan panik yg sy rasakan sy takut gila ...terbersit ingin ke dokter jiwa dan psikolog,tp sy males perginya, sy berusaha melawan saat panik itu datang...sy bergerak atau minum dan berjalan...sy alihkan pikiran sy, dan sy lebih mendekatkan diri pada Tuhan mendengarkan lagu2 rohani dan baca artikel tentang cara mengatasi serangan panik..dan spt di artikel ini setiap sy gelisah sedih dan panik ...sy alihkan ke hal yg positif dan sy berbicara pada diri sy sendiri bahwa ini hanya ketakutan yg berlebihan...dan sy katakan tidak ada alasan untuk takut ...sy katakan sy harusnya bersyukur untuk keadaan sy ini...pokoknya sy tolak trs pikiran atau sikon yg buruk...dan puji tuhan serangan panik itu tidak mempan lg...krn sy tdk mau hidup bergantung pada obat penenang dan dokter jiwa...dan ternyata kesembuhan ada dalam diri kita dan Tuhan...dan kuncinya berserah pada sang pencipta...itu aja share sy...dan semoga teman2 bersemangat untuk mulai berlatih melawan dgn pikiran negatif atau hal2 yg menyakitkan yg membuat kita trauma...tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tanya panic attack nya msh ada gak?

      Delete
  13. Karena sy baca share bbrp org yg mengalami kecemasan bila ke psikiater selalu diberi obat penenang..sy plg malas minum obat apalagi rutin...sy hanya pasrah berdoa dan berserah pada Tuhan yang maha segalanya...sy minta kesembuhan ilahi dan spt artikel ini merubah pikiran negatif ke hal yg menggembirakan.

    ReplyDelete
  14. Saya beberapa kali mengalaminya, awalnya saya pikir ini hanya gejala biasa saja karna saya berlebihan...tetapi, kemudian serangan panik itu datang lagi ketika saya mengalami suatu masalah...dada saya terasa sangat sakit, seperti ada sesuatu yg menghambat aliran pernafasan saya sehingga untuk bernafas sangat susah...kemudian yg lebih parah lagi pikirin2 negatif mulai bermunculan dengan sendirinya seolah-olah saya berada dalam dimensi lain yg hanya saya saja ada didalamnya karna saya merasa hanya saya yg bersedih karna mengalmai hal tersebut. Serangan itu bisa saya redam cukup lama, karna saya belum bisa benar2 kluar dari pikiran2 negatif itu. Hanya allah yg selalu bisa mengembalikan kesadaran saya pada saat itu. Sekian cerita dari saya semoga bisa membantu teman2 lainnya yg mengalami keadaan ini.

    ReplyDelete
  15. Saya awal 2016 terkena pa bingung....knapa ini....slamat 2016 sudah 4x...gemetar,nafas los, detak jantung kenceng banget sampe takut....ahirnya coba kontrol lama2 rilax lg....pa berdurasi 15 menitan...

    ReplyDelete
  16. Saya awal 2016 terkena pa bingung....knapa ini....slamat 2016 sudah 4x...gemetar,nafas los, detak jantung kenceng banget sampe takut....ahirnya coba kontrol lama2 rilax lg....pa berdurasi 15 menitan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba praktekkan cara-cara yang diajarkan dalam blog ini, insya Allah mas sembuh dari ansietas

      Delete
  17. Makasih infonya,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  18. Tetap tenang dan selalu berserah kepada Nya dengan selalu berzikir setiap saat..

    ReplyDelete
  19. Saat ini saya sdg mengalami anxietas, kaki tgn dingin, dada sesak, kepala bagian atas terasa panas, jantung berdebar, dan mual

    Kt dokter ini hny asam lambung
    Tp sdh diberi obat tidak kunjung sembuh
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  20. Saat ini saya sdg mengalami anxietas, kaki tgn dingin, dada sesak, kepala bagian atas terasa panas, jantung berdebar, dan mual

    Kt dokter ini hny asam lambung
    Tp sdh diberi obat tidak kunjung sembuh
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  21. Bberapa hari ini saya merasa mengalami serangan panik, kadang sembuh kadang kumat lagi terutama malam. Awalnya gara2 gangguan tidur yg membuat takut tidur, lalu tiba2 gatau gimana tiba2 jadi takut mati, rasanya kyk ada yg ngejar2, neror. Pikiran jadi gak karuan mikir aneh2. kemudian hal2 lain yg tadinya sepele jd terasa menakutkan dan mengganggu pikiran. Rasanya kyk badan aja yg ada di dunia, pikiran sama nyawa gatau dimana. Kalau lagi kumat parah sampai menangis histeris tapi anehnya gak tau sebabnya. Dgn baca artikel seperti ini saya jd tau bahwa saya ga sendirian. Bnyk orang yg juga sedang berjuang melawan penyakit ini, dan itu membuat saya merasa sedikit terbantu, makin positif thinking kalo ini semata2 penyakit dan bisa disembuhkan. Semoga kita semua selalu dilindungi oleh Yang Kuasa dan segera diberi kesehatan. Aamiin. S

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, saat ini aku sdg merasakan hal yg sama :( aku udh 1 minggu..sharing yuk kak

      Delete
  22. Saya juga baru mengalami sekitar 2 minggu yg lalu dan skrg saya sedang merasakannya ,saya memang type orang yang terlalu cemas.

    ReplyDelete
  23. Saya sekarang sedang merasakan hal itu,tetapi ketika fikiran saya tidak terfokus ke hal negatif maka perasaan itu sedikit terasa.

    ReplyDelete
  24. Saya pun begitu jugak rasa panic kerap terasa bila keseorangan..contohnya ketika memandu sendirian.. AllahuRobbi

    ReplyDelete
  25. Saya pun begitu jugak rasa panic kerap terasa bila keseorangan..contohnya ketika memandu sendirian.. AllahuRobbi

    ReplyDelete
  26. Sudah hampir satu tahun saya. Awalnya memang parah terjadi pada saat menjelang tidur. Dan bener-bener bisa tidur kalau memang kepala sudah pusing dan mengantuk. Efeknya bangun selalu kesiangan. Pada saat itu saya marah pada diri saya sendiri. Tapi, ketika perkuliahan saya semakin padat, serta mendekatkan diri ke Tuhan, hampir sangat jarang perasaan panik itu datang. Menurut ssaya ini salah satu engalihan fokus yang alami sih, dan ga dibuat-buat haha. Saya pernah denger dari seseorang bahwa dia pernah 3 tahun sembuh, lalu kambuh lagi. Tapi intinya selama kita pasrah kepada Tuhan, berpikir positif, kita akan baik-baik saja. Hidup itu ada jalannya masing-masing. Oh iya, kita itu istimewa loh hehe.

    ReplyDelete
  27. Saya juga mengalaminya. Saat bangun tengah mlm tiba2 serangan panik muncul. Pikiran sudh kmn2. Sesak nafas dan seperti mau mati, gemeteran. Saya sudah 1 bln mengalaminya. setiap mau tidur takut karena kalau bangun tengah mlm takut seperti ini lgi. Saya coba istigfar minta dipeluk suami tp tetap saya ga bisa tidur. Rasa'y saya takut sekali.

    ReplyDelete
  28. Bagi yang muslim mungkin bisa datangi tempat untuk di ruqiyah..

    ReplyDelete
  29. Saya juga mengalami hal yg sama dari 2014 sd skr. Ingin sehat Total. Tp Alhamdulillah sedikit 2 membaik..walau terkadang sering timbul. Perbanyak hal positif dan Berserah diri kepada NYA. Saat ini cuma itu yang bisa saya Lakukan.thanks admin dan rekan2 semua atas sharing nya. Semoga kita semua sembuh Total..amien

    ReplyDelete
  30. saya juga mengalami pannick attack bulam september 2015, waktu itu yang saya rasakan dr ujung jaki sampe kepala kesemutan ga karuan, dada terasa sesak, setelah itu saya pergi ke dokter katanya asam lambung naik, cuman setelah minum obat sembuh, lalu kejadian berturut" pun terjadi bulan maret-juli disitu saya sering merasakan hal itu, saya blm tau kalo ada sakit pannick attack, tau nya setiap kali periksa ke dokter hanya sakit asalm lambung.. malah ada dokter bilang hipoglikemia (gula darah menurun)ketika bulan puasa taun kemaren, kumat lagi.. dan rasa nya seperti mau mati, hampir 2 minggu saya merasa ketakutan, lalu saya memperbanyak membaca al-qur'an terutama saya membaca surat Ar-Rahman setelah sholat subuh.. dan berserah diri kepada allah.. alhamdulillah pannick attack saya semakin berkurang :)

    ReplyDelete
  31. terimakasih artikelnya mass,
    isinya persis dg apa yg saya rasakan, itu benar2 sangat menyiksa.
    dan semoga saya bisa mengkondisikan psikologi saya, panic attact itu muncul.
    semoga Allah selalu melindungi kita semua.
    syukron..

    ReplyDelete
  32. Saya juga sering mengalami serangan panik, tapi saya harus bisa belawan dan selalu istigfar supaya hati jadi tenang

    ReplyDelete
  33. Saya sering mengalami ini. Jika dihitung hitung, ada 3kali seminggu. Dan itu datang sering tiba tiba. Ketika sedang proses perkuliahan, bahkan ketika saya sedang mengendarai motor. Jujur, sangat tersiksa. Tapi lama lama saya terbiasa. Dan biasanya mengakali nya dengan cara banyak istighfar dan tarik nafas berkali kali agar tenang.

    ReplyDelete